Bagian Utama Mesin Frais


Mesin frais digunakan untuk memotong/mengurangi material dari benda kerja untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan dengan bantuan alat potong putar yang dikenal sebagai pisau potong frais (milling cutter) . Mesin frais biasa digunakan untuk mengerjakan permukaan yang rata, kasar dan bentuk tidak teratur.

Mesin frais adalah mesin perkakas yang memiliki gerak utama berputar untuk memutar alat potong yang digunakan untuk menyayat benda kerja agar menjadi bentuk tertentu. Prinsip Kerja mesin frais yaitu Gerak putaran pada mesin frais berguna untuk memutar alat potong atau sering disebut pisau frais. Dengan pisau frais yang berputar, kita dapat menggerakkan benda kerja mendekati pisau frais agar tersayat. Sehingga menjadi bentuk yang operator inginkan.

Apa bagian utama dari Mesin Frais?
Mesin Frais Vertikal

Mesin Frais Horizontal

1. Alas Mesin (Base) berfungsi sebagai pondasi dari mesin milling dan juga sebagai tempat pembuangan coolant yang telah digunakan.
2. Kolom mesin (Column), berfungsi sebagai penopang atau tempat kedudukan bagian-bagian mesin, transmisi kecepatan roda gigi.
3. Lutut (Knee), Bagian ini memiliki dua alur ekor burung yang saling tegak lurus.
4. Dudukan Meja (Saddle), berada diantara lutut dan meja mesin frais.
5. Meja mesin (Table), berfungsi sebagai tempat untuk mengikat benda kerja dalam proses pengefraisan.
6. Lengan (Arm), berada di atas kolom mesin frais horisontal dan universal.
7. Spindle berfungsi sebagai tempat penahan alat potong pada mesin frais vertikal dan sebagai tempat arbor pada mesin frais horisontal.
8. Arbor berfungsi sebagai ekstensi spindle pada mesin frais horizontal.
9. Pendukung arbor (Support Arbor) berfungsi untuk mendukung arbor agar gerakan arbor bisa stabil.
10. Milling Head, berada di bagian paling atas mesin frais vertikal.
11. Ram adalah lengan yang menjorok pada mesin frais vertikal.
12. Motor Penggerak berfungsi mengubah energi listrik menjadi energi mekanik atau memberikan mesin tenaga untuk bergerak.
13. Handle, berfungsi untuk menggerakan meja mesin secara manual. Baik itu secara vertikal maupun horizontal.
14. Tuas pengatur gerakan pemakanan (Power Feed Handle), berfungsi untuk melakukan gerakan pemakanan otomatis dalam arah longitudinal (ke kanan/kiri), melintang (maju/mundur) dan vertikal (ke atas/bawah).

No comments:

Post a Comment